Sabtu, 25 Juni 2016

PASANG NAIK dan PASANG SURUT

PASANG NAIK & PASANG SURUT

Pasang laut adalah naik atau turunnya posisi permukaan perairanatau samudera yang disebabkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulandan matahari.Ada tiga sumber gaya yang saling berinteraksi: laut, matahari, danbulan.Pasang laut menyebabkan perubahan kedalaman perairan danmengakibatkan arus pusaran yang dikenal sebagai arus pasang,sehingga perkiraan kejadian pasang sangat diperlukan dalamnavigasi pantai.Wilayah pantai yang terbenam sewaktu pasang naik dan terpaparsewaktu pasang surut, disebut mintakat pasang.



 Gambar 4. Pasang Surut Air Laut



1.    Priode Pasang Laut
Periode pasang laut adalah waktu antara puncak atau lembah gelombang ke puncak atau lembah gelombang berikutnya.Panjang periode pasang surut bervariasi antara 12 jam 25 menit hingga 24 jam 50 menit.

2.    Penyebab Pasang Laut
Pasang laut merupakan hasil dari gaya gravitasi dan efek sentrifugal.Efek sentrifugal adalah dorongan ke arah luar pusat rotasi (bumi).Gravitasi bervariasi secara langsung dengan massa tetapi berbanding terbalik terhadap jarak. Meskipun ukuran bulan lebih kecil dari Matahari, namun gaya gravitasi bulan dua kali lebih besar daripada gaya tarik Matahari dalam membangkitkan pasang surut laut karena jarak bulan lebih dekat daripada jarak Matahari kebumi.Gaya gravitasi menarik air laut ke arah bulan dan Matahari dan menghasilkan dua tonjolan pasang surut gravitasional di laut.Lintang dari tonjolan pasang surut ditentukan oleh deklinasi, sudut antara sumbu rotasi bumi dan bidang orbital bulan dan Matahari.

3.    Pasang laut purnama (spring tide)

Terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan  Pasang laut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi,Øbulan purnama. bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang rendah dan pasang surut yang tinggi. Pasang laut perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat dan tiga perempat.

0 komentar:

Posting Komentar